Banjir Nagari Binjai Tapan Meresahkan Warga Masyarakat, Ketinggian Air sampai 2 Meter

Diposkan Oleh : A.fathoni. S.Pd | Tanggal : 01 April 2021 10:27:43 | Kategori : Berita Desa

Binjai Tapan, 01 April 2021

Binjai Tapan, Banjir terjadi di Nagari Binjai Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Banjir setinggi 2 mater itu terjadi pada Minggu malam (28/3/2021). Banjir tersebut masuk ke rumah warga menenggelamkan Sepeda motor, perabotan rumah tangga dan warga pun juga ikut terendam.



Menurut warga bernama Evi Nicha, air naik dengan secara tiba-tiba membuat warga tidak sadar akan datang nya air sehingga menenggelamkan motor dan perabotan rumah tangga. Diduga banjir ini akibat hujan deras dan meluapnya sungai Batang Tapan. Menurut Evi Nicha, ada dua Nagari yang paling parah terendam banjir, yaitu Nagari Binjai Tapan dan Nagari Kampuang Tangah Tapan. Selain dua nagari terparah tersebut, dilaporkan juga terdapat dua nagari dihulu kecamatan Rahul Tapan juga terendam banjir. 

"Banjir kali ini sangat parah, lebih parah dari banjir pada November 2018 yang memutuskan jembatan dan menghanyutkan rumah," kata Evi.

Sementara itu, kondisi bantaran Sungai Batang Tapan arah arus sungai sudah pindah mengalir ke perkampungan penduduk. Sehingga sampai saat ini banjir masih mengenangi Nagari Binjai Tapan dan kampung Tengah Tapan.

Banjir yang paling parah ini tidak ada korban jiwa namun sangat merugikan masyarakat dengan merendamkan lahan pertanian, kenderaan, hewan ternak dan perabotan rumah tangga serta Fasilitas umum lainya seperti jembatan, jalan dan lain-lain nya.

 

 

 


Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
Isikan kode di gambar